Langsung ke konten utama

Perbedaan Maritim, Bahari, dan Kelautan




Banyak dari kalangan masyarakat yang menganggap bahwa istilah kemaritiman dan kelautan mempunyai arti yang sama, tetapi sementara ada pendapat bahwa pengertian kelautan mempunyai arti yang lebih luas daripada pengertian kemaritiman, sehingga masih banyak yang belum memahami tentang kelautan dan kemaritiman itu sendiri. Disamping ada istilah kemaritiman dan kelautan juga didapat istilah bahari dalam hal ini saya akan menjelaskan perbedaan itu.
MARITIM, merupakan segala aktivitas pelayaran dan perniagaan/perdagangan yang berhubungan dengan kelautan atau disebut pelayaran niaga, sehingga dapat disimpulkan bahwa maritim adalah Terminologi Kelautan dan Maritim berkenaan dengan laut, yang berhubungan dengan pelayaran perdagangan laut. Contoh: Berlayar, Mancing, Transportasi, Kilang Minyak, Menyelam, dan Navigasi.
Pengertian kemaritiman yang selama ini diketahui oleh masyarakat umum adalah menunjukkan kegiatan di laut yang berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan, sehingga kegiatan di laut yang menyangkut eksplorasi, eksploitasi atau penangkapan ikan bukan merupakan kemaritiman.
BAHARI, berarti dahulu kala, kuno, tua sekali, (contoh: zaman bahari = zaman dahulu), indah, elok sekali, mengenai laut, bahari, atau yang dilindungi, misalnya raja bahari berarti raja yang dilindungi (oleh dewa - dewa). Sedangkan Kebaharian adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan laut, dan kelautan. Orang yang bekerja di laut atau pelayaran, disebut pelaut. Namun sebenarnya bahari adalah nama lain dari laut itu sendiri. Contoh: Wisata laut, musim, budaya, masyarakat adat, phinisi, panglima laut, dan sasi
Arti lain bahari adalah sesuatu yang berhubungan dengan musim semi, bagus, cantik seperti bulan pendapat ini tidak memperlihatkan bahwa arti bahari itu berhubungan dengan laut.
KELAUTAN, Laut merupakan kumpulan air asin yang luas sekali di permukaan bumi yang memisahkan pulau dengan pulau, benua dengan benua, misalnya Laut Jawa, dan Laut Merah sedangkan lautan merupakan laut yang luas sekali, seperti Lautan Atlantik, Lautan Pasifik. Lautan ini berarti menunjuk kata Ocean dalam bahasa Inggris, seperti Pacific Ocean atau Atlantic Ocean,yang sering dikemukakan sebagai Samudera Pasifik atau Samudera Atlantik, dengan demikian berarti kata Samudera sama dengan Lautan. Contoh: Air asin, pulau, coral, kerang, kapal laut, kapal selam, terumbu karang, ikan, dll.
Pengertian laut ini sama dengan pengertian laut menurut kamus lain, yaitu bahwa laut merupakan kumpulan air asin yang satu sama lain berkaitan, karena air laut tidak selalu asin, tetapi laut dilihat dari aspek dari suatu wilayah kedaulatan negara (yuridis) sebagai pemersatu bangsa Indonesia, bukan hanya sebagai penghubung antara pulau-pulau yang terbesar di perairan Indonesia.
Jadi dalam penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa perbedaannya itu hanya terletak dalam kelautan (bahari) dan maritim karena bahri sama dengan laut dan maritim adalah segala aktivitas yang berkenaan dengan laut.
SUMBER:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSERVASI DAN PERLINDUNGAN PADA TERUMBU KARANG

MARI JAGA DAN LESTARIKAN KEINDAHAN ALAM YANG TIADA TERKIRA Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan panjang garis pantai lebih dari 81.000 km, serta lebih dari 17.508 pulau. Terumbu karang yang luas melindungi kepulauan Indonesia. Walter, 1994 mengestimasi luas terumbu karang Indonesia sekitar 51.000 , sedangkan Tomascik menyebutkan bahwa luas terumbu karang 85.707 . Angka ini belum termasuk terumbu karang di wilayah terpencil yang belum dipetakan atau yang berada di perairan agak dalam. Jika estimasi ini akurat, maka 51% terumbu karang di Asia Tenggara, dan 18% terumbu karang di dunia, berada di perairan Indonesia. Sebagian besar dari terumbu karang ini bertipe terumbu karang tepi ( fringing reefs ), berdekatan dengan garis pantai dan mudah diakses oleh komunitas setempat. Terumbu karang alami ini mempunyai peran penting dalam mendukung kelestarian sumberdaya ikan dan organisme laut, serta berfungsi sebagai pelindung pantai dari aktifitas gelombang dan arus.

PULAU-PULAU Yang Terdapat di KALIMANTAN BARAT dan Penamaan Suatu Pulau

PENGENALAN MARITIM WITH PAK ENDY Dalam sebuah wilayah atau apapun itu, selalu ada penamaan atau yang disebut TOPONIM. dan dalam suatu pembagian wilayah harus sesuai dengan keadaan suatu wilayah dan dipegang oleh hukum yang berlaku dalam pembagian wilayah atau kawasan. Tetapi dalam pembagian wilayah terkadang terdapat unsur alam atau suatu pergeseran yang terjadi akibat siklus alam atau ulah manusia itu sendiri. Dalam hal itu tujuan penamaan yang bisa sebagai tanda kepemilikan, juga merupakan acuan melalui pendataan unsur topografi. Pengetahuan penamaan geografis ini disebut toponimi (topos–nym), yakni ilmu yang mengkaji masalah penamaan unsur topografi buatan maupun alamiah termasuk pembakuan tulisan, pengucapan (fonetik), sejarah, dan hubungan antara nama dengan sumber daya pada sebuah unsur geografis. Toponimi merupakan ilmu terapan terpadu yang melibatkan disiplin geografi, geodesi, geofisik, linguistik, antropologi, sejarah dan hukum. Selanjutnya keseluruhan kajian toponimi